Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Organisasi???

Suatu sistem kerja sama antar dua orang atau lebih yang secara sadar dimaksudkan untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi secara sederhana juga dapat didefinisikan sebagai kumpulan orang-orang yang ingin melakukan hal-hal tertentu, dengan cara-cara tertentu guna mencapai tujuan tertentu secara bersama-sama. Jadi apabila orang-orang berkumpul menjadi satu, dan kemudian mereka berkumpul secara formal mencapai persetujuan untuk mengkombinasi upaya mereka untuk mencapai tujuan bersama, maka hasilnya berupa sebuah organisasi.

Setiap organisasi berlandaskan sejumlah manusia, tidak ada organisasi dapat eksis tanpa manusia. Organisasi-organisasi memiliki suatu tujuan, yang mengarahkan upaya orang-orang didalamnya menuju ke arah tujuan tertentu, walaupun tujuan-tujuan para individu pada organisasi tersebut mungkin berbeda. Organisasi secara sadar menstruktur aktivitas-aktivitas anggotanya dengan jalan membagi tugas-tugas antara mereka, dan mengembangkan sebuah sistem untuk mengkoordinasi mereka. Akhirnya dapat dikatakan bahwa setiap organisasi memiliki suatu batas yang jelas, yang menyatakan siapa saja berada didalamnya dan siapa saja yang berada diluarnya.

 









Mengapa Organisasi Penting?

Dalam sebuah organisasi kita diajarkan bagaimana menjadi pemimpin. Dalam organisasi kita belajar bagaimana membuat rencana atau program agar tercapai maksud dan tujuan kita dengan cara yang efektif dan efisien. Disini kita diajarkan bukan hanya mewujudkan nilai-nilai ajaran agama seperti jujur dan ikhlas, tapi lebih dari itu kita diajarkan bagaimana agar memiliki sikap berani, tegas, adil dan arif serta bijaksana. Melalui organisasi kita dilatih untuk dapat memberikan manfaat kepada orang lain. Kita diajarkan bagaimana kita bisa menolong orang, membantu mereka yang berada dalam kesulitan dan kesusahan, dan lain sebagainya. Bukankah nabi katakan bahwa “sebaik-baik manusia adalah yang dapat memberikan manfaat kepada manusia yang lainnya”. Dengan organisasi, baik tujuan agama, negara, bangsa maupun pribadi akan lebih mudah diwujudkan. Untuk mencapai tujuan-tujuan dalam organisasi dibutuhkan suatu sistem agar segala sesuatu yang dilakukan dalam organisasi dapat terstruktur.

Secara umum, pemikiran sistem adalah pemikiran yang perlu dikembangkan dalam memandang organisasi seni. Jawaban akan dapat dikembangkan apabila sistem dan subsistem dalam sebuah organisasi dipilah secara seksama untuk ditingkatkan baik dari sisi efektivitas maupun efisiensi. Yang menarik dalam pemikiran sistem adalah sebuah organisasi dapat diteliti dengan mendalam melalui pemahaman bahwa systems terdiri dari serangkaian sub-sistem yang masing-masing memiliki input maupun output, baik yang digunakan oleh proses sub-sistem lainnya, maupun yang kemudian menjadi excess/limbah. Limbah ini pun secara sengaja maupun tidak sengaja dapat mempengaruhi subsistem lainnya sehingga tidak berjalan sesuai tujuan di awal. Setiap subsistem ini kemudian saling berkait satu dengan yang lainnya.
Organisasi dan manajemen tidak dapat terlepas dari sistem. Dalam Paradigma Sistem yang berlaku dalam administrasi bisnis, organisasi dipandang sebagai sebuah sistem dimana terdapat dua elemen yakni “input” dan “output”. Dan juga “proses” yang mampu mengubah “input” menjadi “output” yang diinginkan. Melalui ketiga hal tersebut, pelaku mampu melihat secara keseluruhan apa saja yang menjadi input sebuah organisasi akan pula mempengaruhi bagaimana output yang ingin dihasilkan.
Input maupun output memiliki peranan yang sentral dalam sebuah organisasi karena lewat input maupun output inilah sebuah organisasi seni bersentuhan dengan dunia eksternalnya dan tentunya mempengaruhi bagaimana organisasi seni tersebut dipandang oleh masyarakat umum. Tidak jarang organisasi seni seringkali dihakimi keberhasilan ataupun tidaknya melalui output yang ia hasilkan.


Organisasi Seni
Menyatukan orang-orang yang mempunyai jiwa, kemampuan, karakter, selera dalam seni merupakan sesuatu yang sangat unik. Melihat bagaimana seorang yang mempunyai rasa seni berinteraksi, berbagi pengalaman, cerita adalah sebuah pemandangan indah sekaligus menjadi media pembelajaran tentang arti seni itu sendiri.

Perbedaan dalam seni dapat menjadi suatu hal yang unik, karena seni dapat berupa gambar, lukisan, suara, puisi, lisan dan tulisan, kisah. Keindahan bagian yang selalu melekat dalam sebuah seni. Mewarnai kehidupan, membantu mengubah perasaan hati hal yang Anda dapatkan bila mengenal sebuah seni itu. Hampir di setiap aspek kehidupan kita selalu menemui seni. Kita dapat menemukan bangunan yang indah, tata kota yang mengagumkan, ruangan yang terhias, alam yang sangat indah, alunan musik, air terjun, bela diri, tarian, upacara adat, perayaan merupakan hal-hal indah. Membutuhkan ide kreatif untuk membuat itu semua menjadi sesuatu yang sangat indah untuk diri sendiri dan orang lain. 

 














Seni Tari







Seni Teater








 






 Seni Teater












Seni Musik











Seni Rupa